Perayaan imlek merupakan salah kegiatan rutin yang dilakukan di banyak kota di Indonesia, tak terkecuali di Surabaya khusus nya Kampung Pecinan Tambak Bayan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan disini dilakukan dengan cukup meriah dan dipenuhi berbagai kegiatan kreatif, seperti barongsai, pemutaran film, bazaar dan festival Lampion. Festival pun tak hanya digelar 1 hari ini, namun telah berlangsung sejak Jumat (20/1/2023). Kondisi kampung pun kian semarak dengan berbagai hiasan lampion yang cantik di sepanjang jalan dan didalam istal kuda.

 

Didalam istal kuda tersebut juga ada beberapa peninggalan sejarah serta berbagai ornament khas Tionghoa yang menghiasinya. Selain itu disekitaran kampung juga ada banyak mural yang menghiasi berbagai sudut sehingga membuat wisatawan atau pengunjung tidak merasa bosan. Mural ini diinisiasi oleh teman-teman universitas yang setiap tahunnya memberikan dukungannya untuk Kampung Pecinan Tambak Bayan. Dengan berbagai pernik tersebut, kawasan ini pun bisa menjadi sarana pendidikan sejarah hingga budaya.

Kampung Pecinan Tambak Bayan berada di barat Kalimas atau sebelah timur Jalan Kramat Gantung dan masuk dalam kawasan bekas Keraton Surabaya yang memiliki jarak cukup dekat dengan PALM PARK Hotel & Convention Surabaya dengan waktu tempuh hanya 15 menit. Kampung ini juga merupakan salah satu kampung tua di Surabaya yang dihuni mayoritas penduduk etnis Tionghoa. Salah satu bangunan yang menjadi ikon adalah adanya bangunan besar bekas istal kuda. “Bangunan istal kuda dibangun sekitar tahun 1866 M memiliki luas sekitar 3.800 meter persegi dan saat ini digunakan sebagai pusat kegiatan,” ungkap Ketua RT 02 RW 02 Tambak Bayan Tengah, Suseno Karja.

Berkolaborasi dengan KAZA Mall, dalam kunjungan PALM PARK Hotel & Convention Surabaya kali ini, beberapa konten apik dihasilkan melalui perpaduan baju cheongsam yang cantik dengan suasana heritage Kampung Pecinan Tambak Bayan. “Kami berharap dapat memberikan informasi ke tamu tamu atau wisatawan yang menginap di PALM PARK Hotel & Convention Surabaya bahwa terdapat salah satu tempat wisata yang bersejarah yang bagus dan dapat diakses dengan mudah dari lokasi menginap anda” ungkap Cicilian Kn, General Manager PALM PARK Hotel & Convention Surabaya.

 

Bagi para tamu atau wisatawan yang menginap dapat mendapatkan informasi mengenai Kampung Pecinan Tambak Bayan dapat diakses melalui Instagram mereka @institutsenitambakbayan dan juga @palmparkhotelsurabaya atau juga bisa langsung didapatkan melalui whatsapp di +62 81133320002 atau telepon +62 31 3742000.